Selasa, 02 April 2013

Protes Jalan Rusak, Warga Blokir Akses Tambang

Puluhan warga Kampung Sela, Desa Mangilu, Kecamatan Bungoro kembali melakukan aksi blokir jalan akses ke sejumlah tambang, Senin (1/4). Aksi ini digaler setelah kesabaran mereka habis melihat kondisi jalan desa mereka rusak parah akibat aktifitas truk 10 roda pengangkut hasil tambang
Massa menggunakan pos ronda yang diangkat ke tengah jalan untuk menutup akses satu-satunya di kampung ini menuju lokasi-lokasi tambang.
Warga menuding aktifitas kendaraan tambang 10 roda yang menyebabkan jalan desa ini rusak. Warga menuntut agar perusahaan melakukan perbaikan jalan dengan menimbun jalan yang berlubang.
Selain itu, warga juga mendesak kepada seluruh perusahaan untuk menjalankan kesepakatan dengan warga, yakni melakukan penyiraman setiap hari. Penyiraman jalan ini dilakukan untuk mencegah debu yang diakibatkan oleh kendaraan.
Meski menutup sebagian ruas jalan, namun warga membuka jalan untuk pengendara sepeda motor dan mobil lain, kecuali kendaraan pengangkut hasil tambang.
Menurut Kepala Desa Mangilu, Abdul Malik M, aksi warga ini dipicu karena mereka sudah berkali-kali meminta agar perusahaan tambang memperhatikan kondisi jalan yang semakin rusak. Tapi karena tidak mendapat tanggapan positif, maka warga melakukan aksi tutup jalan.
“Tuntutan warga agar jalan diperbaiki. Sebenarnya tuntutan ini sudah pernah kami sampaikan, tapi karena dijanji-janji maka warga tutup jalan,” kata Malik saat dihubungi.
Aparat kepolisian yang tiba dilokasi langsung memediasi pertemuan antara warga dengan pengelola tambang. Setelah negosiasi dihadapan petugas kepolisian, staf desa, BPD Mengilu serta pengawas dari perusahaan-perusahaan tambang, pengusaha menyanggupi tuntutan warga. Besok rencananya perbaikan jalan akan dimulai, perusahaan tambang akan mulai menimbun dan meratakan. Warga juga berjanji akan membantu perbaikan jalan ini.
“Besok janjinya penambang akan memperbaiki jaan dibantu warga. Tapi kalau tidak ditepati, warga akan kembali tutup jalan,” ujar Malik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar